Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 22 Oktober 2010

Renungan Harian 23 Oktober 2010

Sabtu 23 Oktober 2010

Bacaan:

Ef. 4:7-16;

Mzm. 122:1-2,3-4a,4b-5;
Luk. 13:1-9
Renungan:

Rasul Paulus mengatakan: "Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus." Para anggota hierarki diberikan karunia untuk mengajar, memimpin, dan menguduskan umat. Para anggota hidup bakti - biarawan-biarawati-diberikan karunia untuk membantu para imam dalam ketiga tugas tadi, dan para awam diberikan tugas untuk menggarami dunia sesuai dengan situasi dan kondisi mereka.

Dalam konteks yang lebih kecil, dapatlah dikatakan bahwa setiap orang yang dibaptis mendapat satu karunia tertentu untuk berpartisipasi dalam membangun tubuh Kristus, Gereja. Disamping tugas menggarami dunia, banyak para awam yang bekerja dengan setia untuk melayani Gereja dengan menjadi katekis, lektor dan lektris, pelatih koor, pemain organ, perangkai bunga, menjadi sukarelawan dalam karya-karya karitatif Gereja.

Memang tidak semua umat menyadari karunia-karunia yang diberikan Yesus kepada mereka. Agar kesadaran terbentuk dan terjadi, umat memerlukan konsientisasi lewat pengajaran intensif dari para gembala Gereja dan pembelajaran terus-menerus lewat bacaan dan majalah rohani, retret, seminar, dan kegiatan-kegiatan lingkungan dan paroki.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2010, Yayasan Pustaka Nusatama)

Sumber: MIRIFICA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar