Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 17 Oktober 2010

Renungan Harian 18 Oktober 2010

Senin, 18 Oktober 2010

Bacaan:

2Tim. 4:10-17b;
Mzm. 145:10-11, 12-13ab, 17-18;
Luk. 10:1-9
Renungan:

Bulan Juni 2009-Juni 2010 ditetapkan oleh Paus Benedictus XVI sebagai Tahun Imam dalam rangka memperingati 150 tahun wafatnya Santo Yohanes Maria Vianney. Sepanjang tahun itu ditekankan dua hal, yaitu pertumbuhan panggilan dan pengolahan panggilan.

Panggilan menjadi imam semakin lama semakin menurun, tidak sebanding dengan panggilan menjadi katolik. Umat terus bertambah dari tahun ke tahun, sementara perkembangan imam sangat lambat. Tentu perkembangan yang tidak sejalan itu akan mengakibatkan pelayanan kepada umat tidak maksimal. Oleh karena itu diharapkan keluarga-keluarga turut memikirkan penting dan perlunya panggilan imam dari anak-anak mereka. Dukungan dan doa-doa dari keluarga agar anak-anak menanggapi panggilan menjadi imam, sangat dibutuhkan Gereja.

Setelah menjadi imam, pengolahan panggilan sangatlah perlu. Banyak kasus yang terjadi di kalangan kaum imam, yang menjadi batu sandungan bagi umat dan menjadi noda bagi kesucian imam.

Semua itu terjadi karena lemahnya pengolahan hidup imamat. Oleh karena itu Paus mengganggap penting adanya perhatian terhadap pertumbuhan maupun pengolahan panggilan imam bagi perkembangan dan kemajuan Gereja secara menyeluruh.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2010, Yayasan Pustaka Nusatama)

Sumber: MIRIFICA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar