Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 10 April 2011

Renungan Harian 6 April 2011

Rabu, 6 April 2011

Bacaan:

* Yes. 49:8-15;
* Mzm. 145:8-9,13cd-14,17-18;
* Yoh. 5:17-30

Renungan:

Keyakinan iman semua orang kristen tentang Allah Tritunggal, sebagai satu Allah yang ber-pribadi tiga, didasarkan atas sabda-sabda Tuhan Yesus yang menegaskan adanya kesatuan yang erat antara Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Sebagai Putra yang menjelma menjadi manusia, Tuhan Yesus memiliki kesatuan erat baik dengan Bapa maupun dengan Roh Kudus.

Kesatuan antara Bapa dan Putra itu tidak hanya terletak pada "tingkat hakikat", melainkan juga pada tingkat karya-karya yang konkret di dunia ini. Karena adanya kesatuan itulah maka Tuhan Yesus berani memberi kesaksian bahwa karyakaryaNya adalah karya-karya Bapa. Karya terpenting Bapa, Putra, maupun Roh Kudus, adalah karya penyelamatan dan karya penghakiman bagi umat manusia.

Dengan kata lain, karya ilahi mempunyai dua sisi, yakni sisi positif maupun sisi negatif. Sisi positif berupa ganjaran abadi bagi mereka yang berkenan kepada Allah. Sedang sisi positif berupa hukuman abadi bagi mereka yang tidak berkenan kepada-Nya.

Sebagai Hakim yang adil, Tuhan Yesus, mewakili Bapa, memberi kebebasan kepada orang-orang yang tidak bersalah kepada-Nya. Sebaliknya, juga mewakili Bapa, Tuhan Yesus menjatuhkan hukuman kepada orang-orang yang telah bersalah kepada-Nya.

(Mutiara Iman 2011, Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar