Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 01 April 2011

Renungan Harian 1 April 2011

Bacaan:


Hos. 14:2-10;
Mzm. 81:6c-8a,8bc-9,10-11ab,14,17;
Mrk. 12:28b-34
Renungan:

Sejak kecil kita sudah diajari tentang hukum Kasih. Hukum tersebut menjadi begitu penting di dalam ajaran kristiani. Karena itu, semua orang kristiani diandaikan tahu dan sungguh menghayatinya.

"Kasihilah Tuhan... Kasihilah sesamamu..." Tetapi mengapa selalu saja ada cekcok, perkelahian, perang, benci dan dendam sehingga kerukunan, keharmonisan dan kedamaian tidak terjadi?

Ya, selama kita tidak bersedia menerima keterbatasan dan mengakui kesalahan, bersedia mengampuni dan bersikap rendah hati, kedua perintah kasih itu tidak akan terwujud. Selama kehausan untuk memiliki harta, ketenaran, status sosial - kerap kita peroleh lewat gesekan, aduh mulut dan otot - masih lebih penting dari sesama dan Tuhan, selama itu pula kasih tetap akan menjadi utopia.

Perintah mengasihi bukan sekadar seperangkat hukum, bukan sekadar perintah, ajaran dan komitmen, tetapi terutama sebuah praksis hidup menjadikan sesama sebagai mitra hidup sepadan dan praksis mengalahkan ambisi diri untuk menjadi tuan, raja, super atas apa pun.

(Mutiara Iman 2011, Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar