Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 08 Maret 2011

Renungan Harian 8 Maret 2011

Bacaan:

Tb. 2:9-14;

Mzm. 112:1-2,7bc-8,9;
Mrk. 12:13-17
Renungan:

Yesus berhadapan dengan orang yang ingin tahu secara persis apa yang menjadi hak dan kewajiban seseorang terhadap pimpinan pemerintah, yaitu kaisar.

Orang tersebut memuji Yesus sebagai Guru yang jujur, tak takut kepada siapa pun, tak mencari muka dan mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran-Nya itu. Rupanya kriteria pribadi seperti itu menjadi dasar untuk menanyakan masalah yang sangat krusial.

Yesus tahu pertanyaan ini jebakan. Kalau membayar pada kaisar, berarti Yesus itu kalah kuasa daripada kuasa dunia, sebaliknya kalau tak membayar, bisa saja ditangkap sebagai warga yang tak taat hukum. Meski pertanyaan itu sebenarnya menunjukkan kemunafikan mereka, namun Yesus memiliki jawaban yang sangat jitu.

Dengan meminta mereka melihat gambar pada mata uang dinar, Yesus memberikan jawaban yang melebihi apa yang mereka nantikan. Tak menyangka bahwa Yesus menjawab dengan sangat tegas dan jelas, agar mereka sendirilah yang menentukan. Allah memiliki hak, dan pemerintah dunia juga memiliki hak. Manusia harus dapat menentukan prioritasnya yang tepat. Bagaimana dengan kita. Prioritas manakah yang kita pilih?



(Renungan Harian Mutiara Iman 2011, Yayasan Pustaka Nusatama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar